Tuesday, December 25, 2012

Tulisan 12 ( Bahasa Indonesia 2 )



Nama              :  Moh. Taufik Syam Amir
Kelas                :  3EB20
NPM                :  24210143


Pemeriksaan Akuntansi



Audit adalah pengumpulan bukti-bukti atas informasi untuk menentukan dan memperbaiki tingkat kesesuaian informasi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kegiatan audit dilakukan oleh orang yang kompeten dan independen dan orang yang melakukan audit dinamakan auditor.
           
            Auditor berfungsi untuk membantu dan membuat rekomendasi yang memperbaiki keuntungan dengan cara memperkuat pendapatan atau mengurangi biaya termasuk pengurangan kesalahan dan memperbaiki kontrol operasional.
           
            Audit terhimpun dalam satu badan, yakni kantor akuntan publik. Berikut ini adalah aktivitas-aktivitas dalam kantor akuntan publik :
1.      Jasa akuntansi dan pembukuan

Dalam hal ini biasanya kebanyakan klien kecil dengan staff akuntansi yang terbatas menyandarkan diri pada kantor akuntan publik untuk mempersiapkan laporan keuangan mereka.
2.      Jasa perpajakan

Kantor akuntan publik juga memperhitungkan PPh perusahaan dan perseorangan bagi klien jasa audit maupun klien jasa non audit.
3.      Jasa konsultan manajemen

Kantor akuntan publik memberikan saran-saran sederhana kepada kliennya untuk meningkatkan sistem akuntansi klien dan saran dalam strategi pemasaran, instalasi komputer, serta konsultasi manfaat aktuaria.
 
Level dan tanggungjawab staf dalam kantor akuntan publik :

1.      Auditor pemula

Auditor pemula bagi auditor yang baru bekerja selama 2 tahun. Auditor ini bertugas sebagai pelaksana sebagian besar detik-detik awal.
2.      Senior

Senior merupakan auditor yang memimpin, mengkoordinasikan, bertanggungjawab, meriview, dan mengawasi pekerjaan auditor pemula. Senior ini auditor yang telah bekerja selama 2 hingga 5 tahun.
3.      Manajer

Seorang auditor yang membantu auditor senior dalam merencanakan, menglola audit, dan merivew pekerjaan auditor senior. Untuk mencapai seorang manajer, seorang auditor harus telah bekerja selama 5 hingga 10 tahun.
4.      Rekan

Rekan adalah auditor yang telah bekerja selama lebih dari 10 tahun. Rekan bertugas untuk merivew seluruh pekerjaan dan memutuskan keputusan audit yang penting dan rekan ini adalah pemilik perusahaan.





No comments:

Post a Comment