Saturday, June 7, 2014

Tugas 7 : ANALISIS KEUANGAN INTERNASIONAL

Tujuan analisis keuangan adalah untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa kini danmasa lalu, dan untuk menilai apakah kinerjanya dapat dipertahankan. Analisis rasio dan analisis aruskas merupakan alat yang penting dalam melakukan analisis keuangan. Analisis rasio mencakupperbandingan rasio antara suatu perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama,perbandingan rasio suatu perusahaan antar waktu atau dengan periode fiskal yang lain, dan atauperbandingan rasio terhadap beberapa acuan yang baku.Analisis arus kas berfokus pada laporan arus kas, yang memberikan informasi mengenai aruskas masuk dan arus kas keluar perusahaan, yang diklasifikasikan menjadi aktivitas operasi, investasidan pendanaan, serta pengungkapan mengenai aktivitas investasi dan pendanaan non kas secaraperiodik.Analisis rasiodua masalah yang harus dibahas ketika melakukan analisis rasio dalam lingkungan internasional:1. Apakah pebedaan lintas negara dalam prinsip akuntansi menyebabkan perbedaan yang signifikandalam angka-angka laporan keuangan yang dilaporkan perusahaan dari negara yang berbeda2. seberapa jauh perbedaan dalam budaya serta kondisi persaingan dan ekonomi lokal memengaruhiinterprestasi ukuran akuntansi dan rasio keuangan, meskipun pengukuran akuntansi dari negara yang berbeda disajikan ulang agar tercapai ’daya banding akuntansi’

Sejumlah bukti kuat menunjukkan adanya perbedaan besar antar negara dalam profitabilitas,pengungkit, dan rasio serta jumlah laporan keuangan lainnya yang berasal dari faktor akuntansi dannon-akuntansi.Seberapa besar perbedaan dalam pos-pos laporan keuangan disebabkan oleh perbedaanprinsip-prinsip akuntansi nasional. Suatu penelitian sebelumnya mengenai rekonsiliasi LK olehemiten asing yang disusun oleh SEC cukup informatif.Lima jenis perbedaan laporan keuangan yang diungkapkan oleh sejumlah besar emiten adalah:1. Depresiasi dan amortisasi2. Biaya yang ditangguhkan atau dikapitalisasi3. Pajak tangguhan4. Pensiun5. Translasi mata uang asingPenelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga emiten yang mengungkapkanperbedaan laba yang material melaporkan bahwa laba menurut GAAP AS lebih rendah dibandingkandengan laba menurut GAAP non AS. Hampir setengah dari antaranya melaporkan perbedaan labalebih besar dari 25%. Dengan demikian, bukti dari pengungkapan rekonsiliasi emiten SECmengindikasikan bahwa perbedaan GAAP dapat menyebabkan keragaman angka-angka laporankeuangan yang sig. Para analis sering kali harus memilih untuk membuat laporan keuangan lebihdapat dibandingkan dengan membuat penyesuaian prinsip akuntansi terhadap laporan keuangan yangsedang dianalisis.Analisis arus kasAnalisis arus kas memberi masukan mengenai arus kas dan manajemen suatu perusahaan.Laporan arus kas yang sangat mendetail diwajibkan menurut GAAP AS, GAAP Inggris, IFRS danstandar akuntansi di sejumlah negara yang jumlahnya makin bertambah. Ukuran-ukuran yangberkaitan dengan arus kas sangat bermanfaat khususnya dalam analisis internasional karena tidak dipengaruhi oleh perbedaan prinsip akuntansi, bila dibandingkan dengan ukuran-ukuran berbasis laba.Mekanisme untuk mengatasinya Beberapa pendekatan bisa digunakan. Beberapa analis menyajikan ulang ukuran akuntansiasing menurut sekelompok prinsip yang diakui secara internasional, atau sesuai dengan dasar lainyang lebih umum. Beberapa lain mengembangkan pemahaman yang lengkap atas praktik akuntansi disekelompok negara tertentu dan membatasi analisis mereka terhadap perusahaan-perusahaan yangberlokasi di negara-negara tersebut.

Brown, Soybel, dan Stickney menggambarkan penggunaan algoritma penyajian ulang untuk meningkatkan perbandingan kinerja keuangan lintas negara. Mereka menyajikan ulang kinerja operasiperusahaan-perusahaan AS dan Jepang menurut dasar pelaporan yang sama.Algoritma penyajian ulang yang relatif sederhana cukup efektif untuk digunakan. Satu pendekatanadalah memfokuskan pada beberapa perbedaan LK yang paling material, dimana tersedia cukupinformasi untuk melakukan penyesuian yang dapat diandalkan.

sumber :
http://dellyherdiana.blogspot.com/2014/04/analisis-laporan-keuangan-internasional.html
http://id.scribd.com/doc/115774528/BAB-9-docx

No comments:

Post a Comment