Wednesday, January 2, 2013

Tugas 4 ( Bahasa Indonesia 2 )



Nama              :  Moh. Taufik Syam Amir
Kelas                :  3EB20
NPM                :  24210143



TUGAS 4 : Kalimat Efektif dan Kalimat tidak efektif

 

  1.  Kalimat Tidak Efektif
        Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang tidak memiliki atau mempunyai sifat-sifat yang terdapat pada kalimat efektif.

Contoh Paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif :

       biondi rajin bekerja agar supaya dapat mencukupi kebutuhan hidup dia dan adiknya. Sejak dari usia 15 tahun ia telah ditinggalkan ibunya. Dia bekerja sebagai pelayan di sebuah kafe. Tetapi dia  harus merubah kebiasaan yang buruknya yang suka ceroboh. Karena kebiasaanya itu, biondi diperingati oleh bossnya agar tidak ceroboh dan mengulangi perbuatannya.

  2.   Kalimat Efektif

         Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya/arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis /pembicara. Kalimat efektif juga merupakan kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat.

Contoh Paragraf yang terdapat kalimat efektif :

     sekolah saya terletak di depan kantor kecamatan. Disekolah saya sedang diadakan kelas umum yang di hadiri oleh Bapak kepala desa. Acara tersebut dihadiri oleh para kepala sekolah dan staff sekolah. Para siswa dan siswi serentak berdiri setelah mengetahui bahwa Bapak kepala desa datang. Pembahasan yang dikemukakan beliau sangatlah menarik yaitu cara membangun karakteristik siswa.

No comments:

Post a Comment