Nama :
Moh. Taufik Syam Amir
Kelas :
3EB20
NPM : 24210143
Jenis Pemasaran Produk Asuransi
Pemasaran produk asuransi / insurance product sangat
beragam jika dilihat pada profit perusahaannya. Koorporasi asuransi ada yang
dari dalam negeri maupun dari luar. Dan didalam negeri misalnya asuransi Bumi
Putra, asuransi Jiwa Seraya, asuransi Wahana Tata, asuransi Prudensial,
asuransi Jasindo, asuransi Bhakti Bhayangkara, serta berbagai asuransi yang
didirikan oleh bank- bank lokal. Asuransi / insurance yang didirikan oleh
bank-bank lokal adalah cara untuk menghimpun dana lokal selain dari perbankan.
Kemudian ada lagi asuransi yang berasal dari luar negeri misalnya Manulife,
Chartered Insurer, Mitsui Sumitomo, Tokio Marine, serta lainnya.
Produk asuransi / insurance product yang
ditawarkan juga beragam misalnya saja asuransi pendidikan, asuransi jiwa,
asuransi kecelakaan, asuransi cacat tetap total, asuransi RS dan pembedahan,
asuransi rawat jalan, asuransi perawatan gigi, asuransi kaca mata, asuransi
melahirkan, asuransi kerugian, serta asuransi lainnya. Setiap asuransi yang
ditawarkan tersebut memiliki benefit dan keunggulan masing-masing. Nah, untuk
itu dalam menawarkannya tentunya memerlukan seorang pemasar yang dapat
mengomunikasikan jenis masing-masing asuransi. Saat ini semakin banyak orang
yang sadar akan perlindungan terhadap risiko yang mungkin akan terjadi di masa
mendatang. Pemasar setiap perusahaan asuransi juga beragam. Ada yang
menggunakan pemasar sebagai karyawan tetap, tetapi ada juga yang menggunakan
pemasar free land. Artinya, pemasar-pemasar yang direkrut adalah orang-orang
yang bekerja secara part time. Mekanismenya perusahaan asuransi membentuk
keagenan di mana para agen akan merekrut anak buah sebagai pemasar free land.
Strategi pemberdayaan pemasar akan berlainan setiap perusahaan asuransi /
insurance company, semua itu bergantung pada strategi pemberdayaan SDM
yang digunakan.
Beberapa pemasar memilih sebagai tenaga free land untuk
menambah penghasilan dibanding menjadi karyawan tetap. Oleh sebab itu tidak
jarang yang memasarkan asuransi tersebut dari berbagai profesi, misalnya dari
para guru, PNS, pegawai swasta maupun ibu rumah tangga, semua mendapat
kesempatan dalam mengembangkan dan menjual polis asuransi / polish insurance.
Untuk mendapatkan skill yang memadai tak jarang para
pemasar akan mendapatkan training mengenai materi asuransi maupun skill dalam
memasarkan asuransi. Kalau anda seorang mahasiswa sebenarnya mengikuti
organisasi asuransi akan menguntungkan untuk pembelajaran dan jika ingin serius
maka bisa diteruskan. Dari training-training akan didapat pengetahuan dan skill
yang cukup memadai. Saya kira pemasaran produk asuransi akan menarik, sebab
penghasilan yang didapat sungguh luar biasa jika mau dengan serius. Di
Indonesia ada satu wanita yang menjadi the best dan mendapatkan penghasilan
luar biasa setiap tahunnya karena berjualan produk-produk asuransi,
belum lagi perjalanan ke luar negeri sebagai bonus keberhasilannya.
Sumber: Getting Rich as a Marketer Oleh Frans M. Royan
No comments:
Post a Comment